Index Labels

Panas-Dingin Nagekeo

. . Tidak ada komentar:
Gereja Paroki St Fransiskus Xaverius, Boawae-Kabupaten Nagekeo
Pada perjalanan pergi, kami melintas begitu saja saat memasuki Kabupaten Nagekeo. Saya dan Erik melewati wilayah Boawae sambil memperhatikan gunung api yang menjulang tinggi di kabupaten ini. Saya dan Erik berpikir keras prihal nama dari gunung tersebut.Erik pun sempat mengira, gunung tersebut lah yang pernah meletus hebat beberapa tahun lalu dan menyebabkan Pulau Babi di Kabupaten Ende tenggelam. Ternyata salah. Belakangan baru kami tahu, nama gunung tersebut adalah Ebulobo. 

Dari Wikipedia saya mengetahui, ketinggian gunung ini mencapai 6.986 kaki. Nama lain dari gunung ini adalah Emburombu atau Puncak Nagekeo. 

Udara di sekitar Boawae terasa sejuk karena lingkungannya hijau dan terawat. Ada banyak pohon rindang yang tumbuh di pinggir jalan. Namun meski begitu, saya merasa agak gerah. 

Kami baru melihat ibukota Kabupaten Nagekeo, Mbai saat pulang. Kebetulan, teman Erik yang tinggal di Nagekeo menawari kami untuk menginap. Mereka menerima kami dengan baik dan ramah. Bahkan malamnya, kami dibawa untuk melihat Gereja St Fransiskus Xaverius Boawae. Arsitektur gereja ini unik. Atap utamanya melengkung seperti atap masjid. Apalagi, warna seluruh atapnya adalah biru terang. Warna favorit saya dan Erik. 

Kota Mbai adalah wilayah yang datar, gersang, dan panas. Meski begitu, pemandangan di kota ini pun elok dilihat. Saat kami dari Boawae ke Mbai, kami melintasi gurun dengan bukit batu yang menawan. Kami menemukan beberapa bukit batu berbagai bentuk. Ada juga tumpukan batu yang terlihat seperti kodok. 

Pemerintah Kabupaten Nagekeo membangun kantor pemerintahan di satu area yang dikelilingi pagar tembok yang tinggi. Kami harus melewati pasar tradisional saat akan melanjutkan perjalanan ke Riung. 

Saya masih penasaran soal Nagekeo. Belum ada wawasan saya tentang tempat wisata di wilayah ini. Artinya masih ada hutang dan kelak saya akan ke sana lagi. 

Labuan Bajo, 10 Juli 2017

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Arsip Blog

Twitter Timeline

Populer

Google+ Followers

Total Kunjungan