Index Labels

Upah Para Saksi

. . Tidak ada komentar:
Seorang saksi dari sebuah partai politik menyikut saya, "Ibu dari partai mana?" tanyanya.
Saya menggeleng, "Saya dari media." ia tersenyum lalu membulatkan mulutnya mengisyaratkan 'oh'.
Kami duduk berdampingan bersama sejumlah saksi lain menunggu rekap surat suara tingkat Kecamatan berlangsung. Hanya saya yang dari media.

Kami lalu sama-sama mencatat jumlah suara yang dibacakan panitia. Konsentrasi dan teliti. Saya yang kebetulan mendapat tugas memantau jumlah suara salah satu kecamatan turut ikut mencatat dengan runtut. Mengikuti para saksi yang begitu serius.

Setelah jeda untuk makan siang, saya menyerah dan memutuskan akan menyalinnya dari petugas. Duduk beberapa jam sambil mencatat sungguh melelahkan, lebih membosankan dari berlalu-lalang pada ruang yang lapang. Saya lalu memilih tempat di luar ruangan perhitungan suara sambil meregangkan otot dan bercanda dengan teman jurnalis dan beberapa petugas Panitia Pemilih Kecamatan.

Kami bercerita banyak hal. Mengomentari proses perhitungan suara dan perkiraan caleg yang lolos. Kadang juga menyinggung tentang para saksi yang memprotes tentang beberapa hal.
Waktu berlalu, perhitungan suara berlangsung panjang hingga menjelang subuh. Saya bahkan sudah kehabisan cara untuk menghilangkan kantuk dan bosan.

Saat itu muncul rasa iba dalam hati saya. Saya melihat para saksi yang ikut pada perhitungan suara begitu kuat dan tahan duduk seharian di kursi yang sama dan mencatat dengan cermat dan lengkap. Tak lelah kah mereka? Menjaga suara para calon legislatif yang belum tentu nantinya akan menang. Benar-benar sabar.

Saya lalu menyentil seorang pengawas pemilu kecamatan, ingin tahu tentang berapa gaji yang didapat para saksi untuk "menjaga" suara caleg tersebut.

"Emmm... kemungkinan mereka dibayar 150 ribu," jawab petugas itu.

Saya tertegun.

Begitu saja kah? Tadinya saya mengira mereka dibayar dengan nilai 'jutaan'. Bukankah itu melelahkan? Bukankah itu pekerjaan yang butuh tanggung jawab besar?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Arsip Blog

Twitter Timeline

Populer

Google+ Followers

Total Kunjungan