Index Labels

Mustahil kah Pers Independen Kembali?

. . 2 komentar:

Sebuah foto dokumentasi yang ditandai pada saya di sebuah jejaring sosial membuat saya kebingungan. Prihalnya, foto tersebut menggambarkan sejumlah jurnalis (ditulis pada keterangan foto) mengenakan baju putih dan atribut di kepala yang menggambarkan salah satu tokoh yang diisukan akan naik menjadi calon presiden dari salah satu partai politik pada Pemilu 2014 mendatang. Pada foto tersebut diimbuhkan keterangan tentang dukungan para jurnalis bagi kandidat tersebut untuk naik menjadi presiden di periode mendatang dengan tambahan bahwa tokoh tersebut adalah mantan jurnalis- keterangan ini menimbulkan pertanyaan dalam benak saya, mungkinkah semua jurnalis ‘hendak diajak’ bersolidaritas untuk mendukung dan memilih kandidat yang kebetulan mantan wartawan tersebut?

Sebagai mahasiswa komunikasi dengan konsentrasi jurnalistik yang masih kental dengan idealisme pers, saya merasa bentuk dukungan ini janggal. Saya belajar tentang bagaimana independensi pers yang tidak diperbolehkan berpihak pada siapapun atau apapun, apalagi secara terang-terangan. Saya juga membaca pada semua buku yang dijejal pada beberapa mata kuliah bahwa jurnalis yang baik yakni yang bisa betindak profesional dan menunjukan diri pada publik sebagai kelompok yang independen dan ‘tidak terikat’ oleh siapa dan apapun. Jika seandainya foto dokumentasi tersebut adalah sejumlah pendukung yang hendak membawa nama pribadi, kenapa profesi dan media ikut dibawa-bawa?

Saya ingat saat pernah magang di sebuah media online beberapa waktu lalu, seorang teman berbicara pada saya bahwa apa yang kita dapat pada mata kuliah di universitas tak selamanya sama dengan yang kita dapat di dunia kerja. Baiklah, idealisme memang kadang tak sejalan dengan realitas sama seperti demokrasi yang tak selamanya mengiyakan seluruh kemauan warga negara. Tapi perlukah kebablasan dan lupa diri? Bukankah landasan kerja pers adalah idealisme?

2 komentar:

  1. saya punya tulisan yang satu suara dengan tulisan ini...
    pertanyaan ini adalah pertanyaan kita bersama.

    BalasHapus

Arsip Blog

Twitter Timeline

Populer

Google+ Followers

Total Kunjungan