Index Labels

Semangat Para Perupa Sulsel

. . 4 komentar:



Pada pameran station-2 , di akhir bulan Desember tahun 2013 lalu, berbagai lukisan dipajang di dinding rumah Budi Haryawan yang berlokasi di Antang. Di bagian bawah setiap lukisan turut dicantumkan judul lukisan beserta nama pelukisnya. Tema setiap lukisan berbeda-beda. Ada yang mengarah ke realisme dan romantisme, ada juga lukisan abstrak yang wujud gambarnya sulit ditangkap jelas oleh indera penglihatan dan logika. Budi Haryawan bersama dua belas seniman lainnya duduk berselengka di lantai yang beralaskan karpet. Mereka adalah kelompok seniman karya seni rupa Makassar yang mengadakan pameran lukisan dengan lukisan-lukisan hasil karya mereka sendiri.
                Gagasan dari pameran lukisan tersebut yakni gaya pameran dengan mendatangi rumah setiap pelukis yang bergabung dalam kelompok satu kali setiap minggu. Kelompok ini tidak memakai gaya pameran lukisan pada umumnya seperti menyewa tempat khusus dengan mengundang khalayak. Tapi dengan cara mendatangi setiap rumah anggota kelompok dan memajang karya setiap pelukis di dinding-dinding rumah.
“Pameran ini juga sekaligus silaturahmi dengan sesama teman pelukis,” tutur Ahmad Fauzi pada saat itu, salah satu pelukis dengan  karya yang berjudul ‘Bermain di Taman Prasejarah’.
                Selain sebagai bentuk silaturahmi, mereka mengadakan pameran dari rumah ke rumah sekaligus untuk berdiskusi tentang karya-karya mereka, saling memberi masukan dan saling menyampaikan apresiasi. Bagi Ahmad Fauzi, ini merupakan salah satu cara untuk memicu para pelukis agar terus berkarya. Tak heran jika sudah hampir ribuan lukisan yang telah dihasilkan oleh kelompok ini.
                Pameran demi pameran terus bergulir sejak komunitas perupa Sulsel ini mulai menggagas idenya untuk menunjukkan dan mengembangkan seni rupa khususnya seni lukis di Sulawesi Selatan pada penghujung tahun2013 lalu. Bermula dari ide untuk silahturahmi dengan sesama pelukis,  kini berujung pada pameran lukisan yang kian pekan, kian tampak membesar. Semula hanya pameran rumahan dengan tajuk arisan karya, kini, para pelukis yang jumlahnya hampir mencapai dua puluh mulai memberanikan diri melakukan pameran outdoor.
                Pada station ke-6, tepatnya hari Minggu 16 Februari 2014, komunitas ini melakukan pameran karya seni lukis mereka di kawasan Pantai  Akkarena Tanjung Bunga, Makassar. Untuk pameran kali ini, lukisan yang ditampilkan ada sekitar puluhan karya segar yang terbilang masih baru. Sebagian besar adalah karya-karya yang dilukis pada tahun 2014. Perkembangan jumlah perupa yang bergabung serta karya lukisan yang semakin menarik merupakan salah satu wujud tekad serta semangat para seniman yang sejak awal bercita-cita ingin terus berkarya dan menampakan karya seni rupa dari para perupa di Sulawesi Selatan. “Hal ini merupakan bukti bahwa seni rupa di Sulawesi Selatan memang benar-benar ada,” ungkap Budi Haryawan di sela diskusi bersama para perupa.

4 komentar:

  1. ....acara ini bukan sekedar 'kumpul2' tp lebih kepada 'membangun semangat kebersamaan' dan semoga tak berlebihan kalau disebut sbg sebuah GERAKAN,dengan mengacu pd semboyan "action locally-think globally"..Memulai dari hal sepele dan kecil...tak ada salahnya kan?daripada menuggu infrastruktur senirupa di Makassar terbangun (dari mimpi yg dalam,haha...) mending kita konkow2 berkarya dan berdoa....bayangkan jika acara ini berlangsung hingga ke stasiun #100 dan penumpang yg bertambah pd setiap minggux.....brp kira2 karya baru yg kan tercipta? so marilah kita bersinergi....smoga senirupa kita di sini bisa mengiringi Makassar menuju kota dunia....

    BalasHapus
    Balasan
    1. setuju bang Zam, tetap samangat untuk para perupa Sulsel :)

      Hapus
  2. Salah satu komponen kesenian yang selalu dinantikan eksistensinya adalah kehadiran para penulis dan kritikus seni di Sulawesi-Selatan.
    Mungkin Vera adalah salah satu diantara yang kita nantikan selama ini. Terima kasih atas atensi dan partisipasinya pada kegiatan sederhana kami.

    BalasHapus

Arsip Blog

Twitter Timeline

Populer

Google+ Followers

Total Kunjungan