Index Labels

Jangan Takut Dipukul

. . 1 komentar:
Karikatur "Buto Ijo".
Digambar pertengahan 2013
Banyak orang yang menyelesaikan masalah menggunakan kekerasan. Membungkam kebenaran dengan memaksanya diam. Caci, hujam dan hantam.
Sejumlah orang merasa rendah jika telah dicaci atau dipukul. Katanya, "Siapa suruh banyak bicara, akhirnya dipukul begitu. Baru tau rasa kamu!" Ia yang benar langsung rendah diri kemudian takut. Takut mengungkapkan kebenaran karena pemahaman salah para orang-orang picik.

Aniaya adalah jalan kekerasan paling kejam bagi orang-orang benar. Mereka dilarang berbicara, mereka dilarang membantah, mereka dilarang ikut campur dan mereka dipaksa ikuti saja. "Memang beginilah adanya. Sudah banyak yang lakukan, kok." Senjata paling ampuh untuk membuat para benar menyerah lalu membiarkannya begitu saja. Terus jalan, lalu jalan kemudian menjadi mayoritas.

Kini mereka banyak. Sangat banyak! Mereka saling mendukung dan mempertahankan pemikiran salah kemudian menyudutkan orang-orang benar yang jumlahnya sedikit. Terlalu lemah oleh jumlah. Para bebal yang bersuara parau dan banyak pasti selalu mendahului orang benar saat meneriaki gagasan dan pikiran. Suara orang benar terlalu kecil 'tuk di dengar, kemudian mereka disingkirkan. Habislah, lahirlah peradaban orang-orang bebal!

Karikatur "Cowboi 'Ndut"
Digambar pertengahan 2013

1 komentar:

Arsip Blog

Twitter Timeline

Populer

Google+ Followers

Total Kunjungan