Index Labels

Kematian itu....

. . Tidak ada komentar:
Aku takut jika mendengar tentang 'Kematian'. Jika mendengar kabar ada yang meninggal, tubuhku rasanya bergidik. Di kota kecilku Labuan Bajo, sering sekali terdengar kabar pejabat-pejabat meninggal secara tiba-tiba. Ada yang meninggal saat tengah mengikuti senam pagi bersama pegawai lain, ada yang saat tertidur lelap, dan ada juga yang meninggal dalam mobil sepulang dari kerja.

Lebih teragis kurasa, saat kakak ayahku yang meninggal di saat aku masih SMP. Beliau jatuh di samping sepeda motornya sepulang dari sekolah kemudian dilarikan ke UGD dan didapati tidak bernyawa lagi. Mengejutkan bagiku, karena paginya aku masih melihat Bapa tuaku itu dengan seragam kepala sekolahnya mengendarai sepeda motornya menuju Sekolah Dasar yang sudah kutamatkan. Aku gemetar, tak percaya, dengan mata berkaca-kaca menyampaikan kabar itu pada ibuku.

Aku takut pada kematian. Takut tiba-tiba aku meninggal tanpa sakit di kamar indekosku dan tak seorangpun yang tahu. Takut tiba-tiba mendapati kabar dari keluargaku di kampung bahwa salah satu anggota keluargaku meninggal. Apalagi ayah dan ibuku sudah tengah usia, tak muda lagi, tak begitu sehat walau mereka terdengar baik-baik saja saat ditelepon. Akh, semoga tak terjadi apa-apa.

Seandainya kematian itu bisa direncanakan, bisa ditentukan waktunya, bisa diprediksi dimana dan bagaimana, mungkin semua orang bisa menyiapkan hati dan batin walau tak sepenuhnya, untuk 'Kehilangan'.Tak begitu tinggalkan rasa sakit dan sedih.
Andai...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Arsip Blog

Twitter Timeline

Populer

Google+ Followers

Total Kunjungan