Index Labels

Cerita Pendek 12 Tahun Lalu

. . Tidak ada komentar:
Saya tiba-tiba ingat cerita pada buku teks Bahasa Indonesia kelas 3 SD yang dulu pernah dibaca dan dibahas di ruangan kelas. Temanya tentang menunda pekerjaan bisa membuat pekerjaan semakin menumpuk.

Ibu guru yang waktu itu mengajari kami membacakan cerita tersebut di depan ruangan kelas. Ringkas ceritanya begini; ada seorang anak perempuan yang sering sekali menunda tugas sekolah. Saat pulang sekolah dan selesai makan siang, ia tak langsung menyelesaikan PR (Pekerjaan Rumah) tapi lebih memilih bermain bersama teman-temannya. Setiap hari selalu begitu. Hingga suatu hari, tepat sehari sebelum semua PRnya harus dikumpul, anak perempuan itu panik karena mendapati tidak ada satupun PR yang sudah dia kerjakan. Akhirnya sisa harinya diisi dengan mengerjakan semua tugas sekolah yang menumpuk. Esok hari, ia mendapat hukuman karena tugas sekolah yang ia buat hasilnya buruk dan tidak tuntas.

Cerita yang sederhana. Tapi sungguh hari ini saya tersadar cerita pendek yang saya dengar dua belas tahun lalu itu benar-benar memberi contoh dan memberi pengaruh yang besar. Saya dengan kedinginan, menatap daftar tugas kuliah dari awal semester yang belum saya buat, semua menumpuk dan wajib saya selesaikan sebelum memasuki ujian akhir semester. Yah... jelmaan "anak perempuan" yang akhirnya menjadi mahasiswa, tak juga jera dan berubah. Mungkin kah?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Arsip Blog

Twitter Timeline

Populer

Google+ Followers

Total Kunjungan